Tips Membeli Rice Cooker untuk Penggunaan Maksimal

Penanak nasi atau rice cooker dirancang untuk memudahkan Anda mendapatkan nasi yang sempurna setiap saat. Anda cukup memasukkan rasio terukur dari beras dan air (atau kaldu) ke dalam rice cooker, tekan tombolnya dan nasi akan dipanaskan hingga mendidih. Di akhir waktu memasak, saat nasi matang dan semua cairan terserap, penanak nasi beralih ke mode ‘keep warm’. Ini menghilangkan masalah waktu dengan menjaga nasi pada suhu penyajian selama berjam-jam.

Apa yang harus dicari dalam rice cooker? Dan berikut tipsnya

Kapasitas

Kapasitas biasanya diberikan sebagai jumlah maksimum cangkir nasi mentah yang dapat dimasak sekaligus. Model yang lebih besar akan memasak hingga 10 cangkir nasi, tetapi yang lebih kecil hanya sekitar lima cangkir. Ingatlah bahwa ini jauh lebih kecil dari cangkir standar – biasanya hanya sekitar 160mL. Informasi tentang jumlah minimum cangkir yang dapat dimasak sekaligus jarang tersedia, tetapi biasanya sekitar dua cangkir, meskipun mungkin lebih banyak untuk beberapa penanak nasi yang lebih besar. Rice cooker Miyako menyediakan rice cooker dengan berbagai pilihan kapasitas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jenis tutup

Tidak tersegel

Kelebihan: biasanya lebih murah, cukup intuitif untuk digunakan dan umumnya mudah dibersihkan, ditambah Anda biasanya dapat memeriksa kemajuan melalui tutup kaca.

Kekurangan: mereka dapat menggetarkan dan juga memercikkan air bertepung ke atas meja, terutama jika mereka digunakan mendekati kapasitas.

Tertutup

Kelebihan: mencegah percikan benchtop dan mainan lainnya. 

 

Cons: ini sedikit lebih rumit untuk dibersihkan. Biasanya ada tutup dalam yang bisa dilepas yang bisa dibersihkan di wastafel, tapi tutup luarnya juga perlu dibersihkan, terutama ventilasi batangnya. Beberapa tutup juga memiliki ventilasi yang bisa dilepas.

Kemudahan penggunaan

Ada beberapa hal yang membuat penanak nasi lebih mudah digunakan:

  • Mangkuk antilengket berarti lebih mudah dibersihkan
  • Pegangan yang besar memudahkan untuk mengangkat, apalagi jika sudah penuh.
  • Kabel yang dapat dilepas memudahkan untuk dibawa ke meja dan disimpan.
  • Kontrol yang diberi label dengan baik dan mudah dipahami.
  • Mati otomatis dan tetap hangat
  • Semua rice cooker Miyako telah teruji dan memiliki fitur untuk mematikan proses memasak secara otomatis dan menjaga nasi tetap hangat, meskipun lamanya waktu untuk menjaga nasi tetap hangat dapat bervariasi.

Aksesoris

Semua penanak nasi biasanya dilengkapi dengan cangkir untuk mengukur nasi dan cairan. Ini bukan ukuran gelas ukur standar dan mungkin ada perbedaan antara alat masak. Aksesoris lain mungkin termasuk, spatula atau centong untuk menyajikan nasi. Keranjang atau baki kukus sehingga Anda dapat menggunakan penanak nasi untuk mengukus makanan lainnya.

Multigrain

Beberapa penanak nasi memiliki opsi multigrain. Namun, pabrikan tidak selalu bermaksud sama ketika mereka mengatakan ‘multigrain’ jadi ada baiknya untuk memeriksa manual. Ini mungkin berarti dapat memasak biji-bijian selain nasi, atau memasak campuran beras yang bertingkat. Anda bisa menemukan rice cooker dengan fungsi multi grain di rice cooker Miyako.

You Might Also Like